Laman

Selasa, 06 Oktober 2015

Kalo suatu hari nanti jadi orang tua, akankah melarang anak untuk merokok atau mengijinkannya.

Hollaaaaa...

Tiba-tiba kepikirian. Kalo suatu hari nanti jadi orang tua, akankah melarang anak untuk merokok atau mengijinkannya.

Akhir-akhir ini sering random, mikirin banyak hal, pengen banyak hal. Misal, tiba-tiba pengen motor jap style, trus pengen nyoba olahraga panahan. Trus mikir kenapa tragedi asap gara-gara pembakaran hutan itu rutin ada di negara ini.

OK, back to topic.
Merokok.. Akankah kamu melarang atau mengijinkan anakmu suatu hari nanti??? Kepikiran ini gara-gara ada yang upload video gitu di FB. Ceritanya anak-istrinya akhirnya mati gara-gara sakit paru-paru karena kebiasaan merokok sang suami.

Aku sendiri terlahir dgn ayah yang merokok. Tapi seingatku, orang tua tak pernah secara tegas melarang untuk merokok. Ya cuma sambil lalu aja kalo cerita bahwa rokok itu tidak baik, bikin boros (ibu). Terus kalo pengen ngrokok, ya sana kalo kamu udah bisa cari duit sendiri (bapak).

Pernah suatu hari saat aku masih SD dan saat itu musim petasan di bulan Ramadhan, bapakku melarang beli petasan. Dengan alasan berbahaya dan itu sama saja dengan "bakar duit". Yang suatu hari kemudian alasan tersebut aku pakai untuk berdebat soal rokok dengan bapakku.

Entah ya, besok kalo aku di posisi menjadi bapak bakal gimana nantinya. Tapi yang pasti  wajib lah kita memberikan pengertian ke anak, mana yang baik dan mana yang buruk, karena setiap pilihan pasti ada konsekuensinya masing-masing. Ketika sudah tau mana baik dan buruk, anak bebas menentukkan pilihannya sendiri dan bertanggung jawab terhadap pilihannya. Seperti inilah orangtuaku mendidikku, bahkan mereka membebaskanku mau bekerja atau wirausaha.

R.A.H
Di suatu siang yg suwung sambil menanti orderan di sebuah warung kopi amerika.
06102015

#membunuh tanpa sadar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar